Info pemesanan

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :
Mobile : 08777 368 7888
PIN BB : 275A3598

Pembayaran melalui trasnfer ke :
BCA Cabang Purwakarta
A/n. Sugianto
Rek No : 2311 6672 13

Sabtu, 29 Januari 2011

CARA BERTANAM SEMANGKA HIBRIDA

Sebuah rekomendasi tanam, untuk hasil yang memuaskan

Syarat Tumbuh
Tanaman semangka dapat tumbuh pada ketinggian 0 - 700 m dpl, dengan suhu antara 210 – 300 C. Semangka cocok ditanam pada tanah dengan pH 6 – 6,8 dengan tekstur lempung berpasir. Penanaman semangka dapat dilakukan sepanjang musim, tetapi diharapkan pada saat mulai berbunga iklim mulai kering.

Persemaian
Media persemaian merupakan campuran tanah, pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1, ditambah pupuk NPK 0,5 kg per 2000 polybag. Untuk mencegah serangan hama, pada pembibitan dapat diberikan pestisida bahan Carbofuran sebanyak 0,25 kg/2000 polybag. Benih direndam dengan air hangat kuku selama kurang lebih 6 jam, kemudian ditiriskan dan disimpan dalam kain atau kertaas koran yang telah dibasahi untuk dikecambahkan. Setelah berkecambah bibit dipindahkan dalam polybag yang telah disediakan dan disimpan di tempat yang diberi naungan plastik bening untuk menghindari sinar matahari langsung. Sungkup dibuka setiap hari hingga pukul 10 pagi kemudian ditutup lagi. Dilakukan sampai bibit siap dipindahkan ke lapangan. Kelembaban persemaian harus selalu terjaga dengan melakukan penyiraman. Untuk mencegah serangan hama dan penyakit perlu dilakukan penyemprotan dengan pestisida.

Persiapan Lahan
1. Tanah diolah dan dibuat bedengan selebar 5 – 6 m, tanah yang akan ditanami (di bagian samping bedengan) digemburkan selebar 1 m.
2. Pengapuran diberikan apabila pH tanah kurang dari 6 dengan dosis 2 ton/ha
3. Pupuk kandang diberikan pada bagian bedengan yang akan ditanami semangka sebanyak 1 – 2 kg/tanaman.
4. Pupuk dasar diberikan sekitar 7 hari sebelum tanam, yaitu: Urea = 15 g/tan.; ZA = 30 g/tan.; SP 36 = 45 g/tan. dan KCl = 40 g/tan., total pupuk yang diberikan = 130 g/tanaman.

Transplanting
Setelah bibit berumur 8 – 12 hari setelah semai atau berdaun 2, bibit siap dipindahkan ke lahan. Jarak tanam 60 – 70 cm dalam barisan dan 5 – 6 meter antar barisan. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari, sebelum bibit dipindahkan sebaiknya lahan telah dileb atau diairi dan bibit direndam dalam larutan fungisida.

Pemeliharaan
Apabila ada tanaman yang mati secepatnya dilakukan penyulaman agar tanaman seragam, paling lambat 7 hari setelah tanam.
Pemupukan susulan:
• Umur 7 hst: NPK = 4,5 g/tan.; KNO3 = 2,5 g/tan.
• Umur 14 hst: NPK = 8,5 g/tan., KNO3 = 2,5 g/tan.
• Umur 21 hst: KCl = 15 g/tan.; NPK = 12,5 g/tan.
• Umur 35 hst: ZA = 8,5 g/tan.; NPK = 12,5 g/tan.
• Umur 45 – 50 hst; ZA = 10 g/tan.

Perempelan/pemangkasan cabang dan pembuahan
Cabang utama dipotong setelah 5 – 18 ruas / umur 22 hst, Mudah dalam pembentukan buah ; Pembentukan buah umur 35 – 37 hst harus sudah jadi dan buah yang dipelihara adalah buah ke 2 – 4 dari pangkal batang. Biasanya dipelihara 1 buah per tanaman untuk mendapatkan ukuran buah yang optimal & yang lainnya dibuang. Kelebihan pencalonan buah s/d umur tanaman 35 -37 hst adalah kalau calon buah yang utama ruas 3-5 tsb tidak jadi masih mempunyai kesempatan buah lainnya utk dicalonkan/dijadikan sedangkan manfaat lainnya adalah keseragaman bobot buah dan masa panen, Bobot rata-rata per buah 6 – 8 kg ( potensi bobot s/d 12 kg ).

Pemberian Jerami
Dilakukan untuk melindungi buah, batang dan ranting. Jerami diberikan setelah panjang tanaman sekitar 50 cm, kemudian dilakukan pembalikan buah untuk mendapatkan bentuk buah yang seragam dengan kualitas buah bagus dan warna merata (tidak putih sebagian).

Pengairan
Pengairan diperlukan untuk membantu pada awal pertumbuhan. Pengairan dihentikan pada awal terjadinya pembentukan bunga betina. Dan diairi kembali untuk membantu pembesaran buah. Setelah buah mencapai ukuran maksimal pengairan dikurangi untuk mendapatkan semangka yang berkadar gula tinggi.

Pengendalian Hama dan Penyakit
Trips gejalanya pertumbuhan tanaman terhambat dan berubah bentuk. Perubahan warna pada bunga dan bisa menyebabkan gugur buah. Bekas pada daun akan berwarna keperakan. Pengendalian: Menyemprotkan insektisida, seperti Agrimex, Lungidon, Confidor dan Misurol.

Kutu daun Myzus pesicae gejalanya: daun mengering ke bawah pertumbuhan daun tidak normal, biasanya ditemukan embun jelaga yang berwarna hitam dan cairan gula yang lengket. Pengendalian: mengumpulkan daun yang tererang dan memusnahkannya, penyemprotan insektisida, seperti Regent, Perfection 40 EC, Tokithion 500 EC.

Tungau gejala: tanaman terhambat pertumbuhannya, bercak-bercak kuning pad daun, pada kondisi parah daun menjadi kuning dan adanya jaring-jaring serat. Pengendalian: melakukan penyemprotan dengan pestisida seperti, Omite, Kelthane, Nisorum, Marshal, Perfecthion, Regent secara rutin dengan interval yang telah ditentukan.

Kresek (Downy Mildew) gejalanya daun mengering, coklat kehitaman, menggulung ke atas di bagian bawah ditemukan jamur yang berwarna putih kehitaman. Pengendalian: pemotongan daun yang terserang, penyemprotan fungisida seperti Antracol, Ridomil, Vondosep dan Allo.

Panen
Buah semangka dapat dipanen pada umur 55 – 60 hst.

Selamat mencoba, semoga sukses
Rumahbenihunggul.blogspot.com

3 komentar:

  1. sebaiknya pemangkasan ranting tidak perlu di lakukan karna semakin banyak daun buah semangka lebih cepat pertumbuhanya dan lebih besar ukuran buahnya. dan pemberian jermi pun tidak perlu di lakukan karna dapat menimbulkan jamur karna kelembapanya dapat mempercepat pertumbuhan jamur. Apabila jamur sudah merambat ke bagian bawah buah semangka dalam jangka waktu 4-8 hari buah akan membusuk. Itu semua mnurut pengalaman saya selama enam tahun di taiwan. Dan cara penanaman semangka di taiwan saya TERAPKAN di sumsel oku. dan hasilnya sangat memuaskan dalam area tanam 2,5 hektar (area bongkaran hutan) menghasilkan 93 ton menghabiskan pupuk 1,7 ton sbg. npk jenis: mutiara 200 kg npk jenis: hidro karat 200 kg npk jenis: nitro phoska 400 kg npk jenis: mutiara grower 100 kg jenis: kcl 300 kg jenis: za 500 kg dan bibit 23 pack QUALITY dan 1 pack gadis manis produck dari KNOWN YOU SEED. saya rasa itu saja yg dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi semua terimakasih.

    BalasHapus
  2. Jadi tidak perlu ada pemangkasan ranting sama sekali? Kalau tidak salah, pemangkasan itu bertujuan menyalurkan semua nutrisi ke pembentukan buah ya.

    BalasHapus